Tentang Aku

ketika kita ingin memilih nilai 100 atau 70? maka kebanyakan orang berebut memilih nilai 100. namun kalau di kasih tau susahnya perjuangan mencapai 100, maka orang akan memilih dan puas cukup 70. hanya sedikit yang memilih 100 dengan konsekuensinya perjuangan beserta kesungguhan azzam (tekad) yang sempurna.

Perkenalkan..,Saya :

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Kusampaikan bahwa rasa menggelora akan menjadikan diri kuat tanpa ada lelah bahkan raut wajah pucatpun tidak ada, kecuali hanya menggapai Ridho-nya. PIN BB : 7E61CA7A

Rabu, Februari 08, 2012

Refleksi di OJT saya di Perusahaan Konstruksi


inilah Tulisan yang pernah saya ketik Seleksi Beasiswa Ikatan Dinas dan Membuat Essay dgn Topik yang telah ditentukan perusahaan. Sejanak saya merefleksikan kejadian yang saya Alami Semalam. Akan kah berpikir ulang atau kukuh pendirian dan daya upaya yang tak terhingga, sehingga saya dan kawan2 bisa berkontribusi untuk kebaikan. Bismillah memilih kedua.

Medan, 7 Februari 2012 (Ketika malam hari terakhir kepulanganku ke Jawan, aku pun membuka file ini yang di minta seorang kawan untuk adek nya yang mendaftar Beasiswa ikatan Dinas)


I.     Ceritakan tentang diri anda dan tiga keberhasilan yang menurut anda sangat berpengaruh dalam diri anda (diuraikan dalam 800 kata) 
Assalamu’alikum wr.wb
Saya adalah mahasiswa jurusan teknik sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta  semester 7 yang keseharian saya ialah Belajar, berorganisasi, mengaji, bermanfaat untuk orang lain dan berprestasi. Saya mengisi hari-hari dalam kegiatan yang produktif baik itu dalam lingkup perkuliahan, organisasi mahasiswa, dan selalu berupaya untuk berprestasi. Prinsip hidup saya ialah saya harus bisa selalu bermanfaat untuk orang lain dan berprestasi dari sekarang serta yang akan datang. Saya pribadi suka membaca buku, belajar dan membuat penelitian. Saya suka dengan kerapian dari pakaian yang saya kenakan maupun dalam keseharian. Saya mahasiswa yang punya cara pandang berbeda dengan orang lain. Saya dari awal kuliah sampai sekarang duduk di bangku perkuliahan pasti paling depan, rapi, dan selalu menjaga kejujuran dalam menuntut ilmu di perkuliahan ini. Saya ingin mengubah bangsa untuk mencetak pemuda lebih baik dan saya mulai dari diri saya sendiri sembari ke pada orang lain.
 saya  mengisi hari-hari dalam kegiatan yang produktif melalui perencanaan dan target dalam setiap hari, minggu, bulan, tahun dan sampai 20 tahun mendatang. Saya tuliskan didalam diary saya yang penuh dengan perencanaan dan target serta evaluasi. Saya sangat suka menulis jadi banyak tulisan saya saya tuliskan melalui karya tulis ilmiah, lomba,blog saya www.tatangw.blogspot.com , diary, dan sebagainya. Saya mengisi waktu luang akhir pekan di toko buku dan berinteraksi melalui tulisan yang menghasilkan karya saya di bidang Teknik Sipil. Alhasil alhamdulilah dengan keseriusan menekuni ini saya banyak mendapatkan prestasi antara lain:
1.    Penemu detektor gempa,
2.    Juara 1 Kompetisi Rancang Bangun 2010 Tingkat Nasional, di Universitas Udayana Dalam tema lomba “Solusi Kreatif Dalam Mengatasi Masalah  Ketekniksipilan Di Sekitar Kita”, 22-23 Oktober 2010.
3.    Juara 2 Mahasiswa Prestasi Fakultas Teknik UNS ,Tahun 2010.
4.    Juara Tingkat Nasional Lomba Pemanfaatan Limbah Campuran Beton Aspal AC-WC Berkinerja Tinggi, Institut Teknologi Nasional, Bandung 2009.
5.    Juara Harapan 1 Solution Research Competition  dalam rangka Mencari Solusi Efektif Untuk Menanggulangi Banjir Akibat Meluapnya Sungai Bengawan Solo. 2009. Universitas Sebelas Maret.
Selain lomba saya juga di amanahi sebagai asisten luar biasa (Asisten Dosen) meliputi mata kuliah Geologi Rekayasa dan Properti Tanah tahun 2008-2010, Struktur Beton tahun 2010,Asistensi Agama Islam (AAI) 2010, di jurusan Teknik Sipil UNS.
Saya dalam prinsip saya yang kedua yaitu bermanfaat untuk orang lain. Saya dalam memenuhi keinginan tersebut dengan mengikuti kegiatan Unit Kegiatan mahasiswa yang ada di kampus. Dan tidak instan dalam mengikuti kegiaatan organisasi saya mulai dari bawah dari staff dan saya selalu belajar dari organisasi tersebut. Saya masuk ke kampus tahun 2007 dan pada tahun itu juga saya mengikuti organisasi kampus meliputi :
1.    Staff Bidang Sumber Daya Umat SKI FT UNS    periode 2007-2008
2.    Staff Bidang Humas dan Penerbitan SKI FT UNS    periode 2008- 2009
3.    Staff Bidang Humas HMS FT UNS  periode 2008-2009
4.    Staff Devisi Pengkaji   dan Peneliti Studi ilmiah Mahasiswa UNS periode 2008-2009   
5.    Staff Devisi Pure Science Studi ilmiah Mahasiswa UNS periode 2009-2010
6.    Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Periode 2009-2010
7.    Direktur Studi Ilmiah Mahasiswa, Universitas Sebelas Maret. Periode 2011
dari perjalanan saya menjadi staff  saya senantiasa belajar dan belajar untuk mengenal orang lain, bekerja dalam tim organisasi mahasiswa, dan mampu belajar di bawah tekanan apabila organisasi tersebut ada masalah dalam kegiatan.  Beragam orang dan karekter yang saya bisa pelajari dari sebuah organisasi dan menuntut saya untuk memberikan suatu solusi, keberanian serta pertimbangan yang cukup serta mantap dalam menyelesaikan masalah di organisasi mahasiswa. Maka ketika saya menginjak tahun kedua dalam organisasi saya dipercaya untuk menjadi Pemimpin (Ketua Umum)  di Himpunan Mahasiswa Sipil Jurusan Teknik Sipil UNS periode 2009-2010 dan alhamdulilah banyak kegiatan bermanfaat, program kerja dan prestasi yang bisa saya lakukan bersama pengurus HMS FT UNS. Dalam memimpin saya cenderung memberikan motivasi dan memberikan contoh. Ketika Visi dan Misi saya dalam organisasi yaitu “Prestasi” Maka saya memberikan contoh dan motivasi untuk semua agar target itu berhasil. Dan alhamdulilah Prestasi dari saya, teman2 HMS lain bisa menharumkan nama jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret di tingkat Nasional  Dalam event perlombaan Nasional. ketika saya memimpin HMS FT UNS, tugas saya sebagai pemimpin dan bertanggung jawab dalam semua kegiatan ada satu program kerja yang saya bawa dalam pengurusan HMS FT UNS.
sekarang saya masih aktif di kegiatan mahasiswa Universitas Sebelas Maret yaitu Studi Ilmiah Mahasiswa Tingkat Sebagai Direktur. Organisasi ini untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kompetensi berkenaan dengan Keilmiahan. Disini saya mendapat amanah yang lebih besar lagi karena mengelola semua mahasiswa UNS untuk kegiatan peningkatan Akademik dan penelitian untuk pengembangan UNS menuju World Class University
Keberhasilan yang berpengaruh dalam diri saya
1.    Mengenal agama saya dan mendalami nya Yaitu Islam, serta dekat dekat dengan Alloh. Hal ini yang baru ketemukan dan saya mendapat hidayah hanya pada waktu kuliah ini di UNS SOLO. Dan semua Mengubah Hidup saya, cara pandang dan Tujuan saya di dunia.
2.    Dapat memberikan Manfaat Kepada Orang lain melalui Kegiatan
3.    Mendapatkan Prestasi akademik dalam penelitian dan karya ilmiah


II.    Apa yang telah anda pelajari dari kesalahan yang pernah dialami (diuraikan dalam 600 kata)
mempelajari kesalahan dari yang saya lakukan di hari sebelumnya ketika masih sekolah dahulu mengubahnya sewaktu kuliah di Jurusan Teknik Sipil UNS yaitu masalah Waktu, masa muda, dan kesempatan prestasi. Berikut saya uraikan berikut:
1.   Waktu
dahulu ketika saya masih di bangku sekolah, kesalahan saya mengangap waktu ini adalah waktu SMA di mana saya membuang waktu yang kurang bermanfaat misalnya bermain, tidak ikut berorganisasi Osis, (*******). saya menyayangkan dahulu saya begitu dan ketika saya mulai masuk kuliah saya kaget dengan kondisi kampus yang jauh berbeda dan menuntut saya untuk berbenah diri. Dalam waktu awal hari pertama kuliah, awal masuk kamar kost saya menargetkan targetan yang harus saya penuhi dan saya harus berubah lebih baik dalam menejemen waktu untuk hal yang bermanfaat dan hal yang besar dikemudian hari. Saya menulisnya dengan penuh tekad dan komitmen tinggi dan pelan-pelan saya tuliskan dan saya menaruh itu di atas tempat saya tidur dan ketika itu setiap saya mau tidur atau bersantai maka pasti seketika pasti membuat saya semangat untuk melakukan targetan saya sampai akhir kuliah. Dan kertas pengingat itu masih berada pada posisinya sampai sekarang ini. Tulisan dalam kertas ini adalah judul VISI dan MISI
1.   Aktif dan berprestasi
2.   Think Smart
3.   Rajin Cari Informasi
4.   Ulet, Tak kenal lelah
5.   Rajin Beribadah
6.   Bahagiakan orang tua
7.   Hadapi tugas dan beres
dan kata itu selalu melekat di hati saya, dan bahkan saya sering menyemangati diri dengan tulisan-tulisan lain yang saya buat. Alhamdulilah sampai sekarang di semester 7 menginjak semester 8 ini saya dapat menghargai waktu dimana waktu adalah titipan Alloh yang sementara dan digunakan sebaik mungkin untuk kemanfaatan orang lain.
2.   masa muda
masa muda saya anggap masa ini adalah masa keemasan dalam hal kekuatan baik pikiran, fisik, ruh. Saya memposisikan masa muda ini adalah hal yang terdepan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Belajar dari SMA dulu saya masih saja tidak mempergunakan masa ini secara efektif untuk mencari ilmu dan kegiatan peningkatan kopetensi saya dalam hal berorganisasi. Saya sangat kaget ketika saya dalam hal komunikasi lewat presentasi di kampus  awal masuk kuliah. Dan dengan visi dan misi saya saya berusaha belajar dengan ikut organisasi mahasiswa dan saya paling aktif disana disbanding dengan kawan-kawan jurusan saya. Kalaupun saya masuk kuliah saya pasti duduk terdepan didepan dosen dan saya pasti bertanya kepada dosen apabila belum paham, saya berusaha untuk berani serta menempa mental saya dalam public speeking di dalam kelas,luar kelas, di seminar nasional. Hasilnya sekarang saya bisa menjadi public speker yang baik.. Tak tanggung-tanggung saya sering menjadi nara sumber dalam berbagai event ilmiah, menjadi pembicara di Pelatihan Penulisan Karya ilmiah di SMA-SMA dan di kampus UNS, menjadi moderator di berbagai kegiatan seminar nasional.
3.   kesempatan prestasi
disaat saya belum masuk kuliah saya miskin akan prestasi dan mungkin prestasi ada ketika  menempuh pendidikan di SD pada lomba cerdas cermat. Saat SMP, SMA tidak ada prestasi yang menonjol. Ketika masuk kampus saya berusaha setiap ada even kegiatan ilmiah saya ikuti dengan belajar terlebih dahulu dan konsultasi dengan kaka kelas. Dan ternyata saya mengikuti even saya ingat betul ketika itu prestasi saya dimulai dari lomba “Solution Research Competition  dalam rangka Mencari Solusi Efektif Untuk Menanggulangi Banjir Akibat Meluapnya Sungai Bengawan Solo”. Ketika lomba ini mulai saya mendaftar dan walaupun saya belum mendapat ilmu tentang keairan di bidang teknik sipil, sementara saya masih semester 2. Saya terus belajar untuk memecahkan masalah ini di banjir. Langsung saya ada ide membuat modifikasi sumur resapan. Dan  hasilnya saya mendapatkan juara harapan 1, dan ini menjadi odal saya untuk menjadi semnagt untuk memperoleh prestasi berikutnya. Dan alhamdulilah Alloh memberiakan prestasi cukup banyak sampai sekarang dan saya ingin meningkatkan prestasi saya lebih besar lagi.

III.  Uraikan dalam 600 kata ;
-          Apa yang bisa anda berikan dengan pengalaman-pengalaman yang telah anda alami, kepada PT PP (Persero) Tbk.
dari pengalaman saya selama hidup 21 tahun.  saya insyaAlloh dapat memberikan ilmu yang saya miliki sekarang  dari bangku perkuliahan, prestasi dan karya-karya saya di bidang penelitian,  dedikasi saya, pengalaman menejemen waktu,sumber daya yang saya dapatkan dan saya alami ketika menjadi pemimpin di organisasi kampus. Selain itu saya mempunyai semangat tinggi dan akan saya tularkan kepada rekan kerja saya di PT. PP (Persero) Tbk, karena prinsip saya yaitu “Semangat itu Menular”.
saya mempunyai kemampuan untuk berfikir kritis untuk menyelesaikan masalah, membuat inovasi dalam karya atau penelitian lebih besar lagi Karena di PT. PP (Persero) Tbk  terdapat divisi research and technologi.  Pengalaman saya dalam kepemimpinan di organisasi mahasiswa, pengalaman public speeking yang baik, dapat mengoraganisir lembaga dan memejemen sumber daya, mengelola waktu dengan baik .


-          Apa yang menjadi visi hidup dan karir anda dan mengapa memilih visi tersebut dan begitu penting.
visi hidup saya yaitu beribadah kepada Alloh, berprestasi dan  bermanfaat untuk orang lain.
karir saya ingin menjadi pemimpin di Negara Indonesia ini, saya mulai dengan keinginan saya bergabung di PT PP (Persero) Tbk. Saya menilai PT.  PP (Persero) Tbk dapat mendidik pekerja menjadi seorang yang professional, disiplin, pekerja keras. Sehinga apabila saya dapat bergabung dengan PT. PP   (Persero) Tbk  saya dapat meningkatkan kompentensi dan kemampuan saya.
saya ingin memperbaiki  bangsa ini melalui tindakan, dan saya berusaha menjadi seorang ahli di bidang teknik sipil agar member kemanfaatan untuk orang lain. Ketika saya memjadi orang Ahli (berilmu) maka saya akan gunakan untuk hal yang baik dan membawa orang mengarah kekebaikan. Bangsa Indonesia perlu diperbaiki baik yang berilmu, bermoral dan bertingkah laku.

-          Pengalaman apakah yang membuat diri anda merasa frustasi dan kecewa.
saya tidak pernah mengalami frustasi dalam hidup karena setiap waktu yang saya lalui saya berusaha menampilkan yang terbaik daln alhamdulilah Alloh memberikan jalan. Kalaupun saya dalam mencari sesuatu saya tidak akan berkeceil hati sampai-sampai frustasi. Saya pasti melalakukan perencanaan, target dan evaluasi sehingga belum pernah merasakan frustasi dalam hidup saya selama ini. Dan segala sesuatu pasti saya kembalikan kepada Alloh, saya punya kehendak dan Alloh yang menentukan serta saya tidak akan patah semangat untuk berusaha meraih tujuan tersebut.
kalau masalah kecewa saya kira setiap orang pernah merasakannya termasuk saya dalam menjalani hari-hari yang begitu banyak dan bisa dikatakan padat. Saya pernah kecewa ketika dalam berorganisasi di HMS FT UNS, ketika itu saya baru-baru saja masuk di oraganisasi kampus dengan banyak karakter masing-masing orang. Kebanyakan di organisasi mahasiswa khususny Teknik Sipil mahasiswa umumnya organisasi merupakan sampingan dalam hal kuliah, karena teknik sipil mengajarkan banyak tugas, banyak dateline tugas. Namun ketika saya mempelajari karakter orang lain saya berusaha mengubah cara  pandang itu kepada kawan-kawan saya dengan sangat pelan dan penuh kehati-hatian untuk merubah cara pandang (paradigm berfikir)  dan alhamdulialah walau pada tahun pertama saya menjadi staff banyak yang dapat saya lakukan untuk mengubah sistem. Dan pada tahun kedua saya terpilih sebagai Ketua Umum HMS FT UNS.  ketika itu saya sebagai pemimpin di HMS FT UNS melaksanakan tugas dengan menerapkan semangat, prestasi, dan bermanfaat ke oaring lain melalui kegiatan HMS FT UNS. Alhamdulah saya berserta tim kepengurusan HMS FT UNS berhasil merubah  cara orang berpikir di jurusan Teknik Sipil UNS berubah menjadi lebih baik. Dan memposisikan Kuliah, tugas, berorganisasi, berprestasi secara seimbang.

-          Bagaimana anda akan menyesuaikan diri pertama kali pada saat anda bergabung dengan PT PP (Persero) Tbk.
Pertama-tama saya akan berusaha memahami visi,misi,target dan tujuan PT. PP (persero) Tbk dalam renstra waktu yang sudah ditargetkan, kemudian saya pelajari kebiasaan dan karakter di PT. PP (persero) dalam hal bekerja secara professional dalam  sistem perusahaan PT.PP (persero) Tbk.
Dalam kaitannya proses pengelanan dan beradaptasi di PT.PP (persero) Tbk, sudah ada pelatihan-pelatihan On Job Training, disana saya akan memanfaatkannya untuk mudah beradaptasi dengan kawan kerja, beradaptasi dengan sistem perusahaan dan tentunya pengembangan kemampuan saya di PT. PP (persero) Tbk . Saya akan berusaha yang terbaik dalam proses On Job Training tersebut sehingga saya bisa qualified dalam menjalani proses tersebut hingga bekerja sebagai pekerja tetap di PT. PP (persero) Tbk.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar