Tentang Aku

ketika kita ingin memilih nilai 100 atau 70? maka kebanyakan orang berebut memilih nilai 100. namun kalau di kasih tau susahnya perjuangan mencapai 100, maka orang akan memilih dan puas cukup 70. hanya sedikit yang memilih 100 dengan konsekuensinya perjuangan beserta kesungguhan azzam (tekad) yang sempurna.

Perkenalkan..,Saya :

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Kusampaikan bahwa rasa menggelora akan menjadikan diri kuat tanpa ada lelah bahkan raut wajah pucatpun tidak ada, kecuali hanya menggapai Ridho-nya. PIN BB : 7E61CA7A

Sabtu, April 11, 2009

MEngubah air intrusi menjadi air tawar


PEMURNIAN AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR

Dampak yang paling kita rasakan terjadinya pemanasan global adalah musim kemarau relatif lebih panjang sedangkan musim penghujan relatif lebih pendek. Ini adalah salah satu ciri pemanasan global.

Oleh karena musim kemarau relatif lebih panjang, sehingga imbuhan air hujan yang nantinya menjadi air tanah tentunya menjadi sangat berkurang, sementara penggunaan air tanah cenderung meningkat. Kondisi inilah awal mula terjadinya intrusi air asin tersebut.

Masalah intrusi air laut ini telah banyak merugikan masyarakat Indonesia. Seperti yang dialami warga Dusun Bunut Tengah, Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, mengeluh kesulitan mendapatkan air bersih yang layak konsumsi. Kondisi tersebut terjadi akibat intrusi air laut sejauh dua kilometer, menyusul gundulnya hutan bakau seluas 125 hektar dengan ketebalan tiga hektar di wilayah Sragi.

Ibu Kinok (70), warga Dusun Bunut Tengah, Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, Minggu (13/4), mengatakan, dirinya sudah tinggal di desa tersebut sejak tahun 1979. Namun, saat itu air di sumur miliknya belum terasa asin.

Air sumur mulai terasa asin sejak delapan tahun yang lalu, tepatnya ketika warga desa mulai membabat dan membuka hutan bakau di sekitar pesisir Sragi untuk dijadikan lahan tambak. Saat itu sumur dengan air asin hanya terjadi di sumur yang terletak di pinggir pantai, paparnya. (www.Kompas.com)

Selain yang dialami warga Lampung Selatan, daerah-daerah di pesisir laut Indonesia juga mengalami hal yang serupa, seperti daerah Pantai Sanur dan Cilegon. Bahkan menurut Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) intrusi air laut telah melampaui kawasan Jakarta dan telah menjangkau sampai wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat. (www.SinarHarapan.com).

Namun, menurut Smith, peneliti asal Jerman mengatakan bahwa air asin yang berada di sumur-sumur penduduk di Jakarta bukanlah hasil dari intrusi, tetapi akibat adanya air fosil. Menurutnya tidak semua air yang rasanya asin menunjukkan terjadinya intrusi. Bisa jadi itu hanya air yang terjebak dalam batuan (water connate /air fosil). Air ini terjebak di dalam batuan puluhan tahun lamanya, sehingga airnya menjadi asin.

Proses Terjadinya Intrusi Air Asin

Pada daerah yang berdekatan dengan pantai atau dekat dengan laut, maka terjadi pertemuan antara air laut dengan air tawar yang kita kenal dengan sebutan interface. Interface ini bisa menjorok ke arah laut dan juga bisa juga menjorok ke arah darat tergantung besar kecilnya imbuhan air hujan. Apabila imbuhan air hujan lebih sangat besar, maka interface akan menjorok ke arah laut, sedangkan imbuhan air hujan sedikit atau tidak ada sama sekali, maka interface akan menjorok ke arah darat. Perubahan di dalam tanah oleh imbuhan atau perubahan luar aliran dalam daerah air tawar, menyebabkan perubahan interface. Penurunan aliran air tawar yang masuk ke laut menyebabkan interface bergerak ke dalam tanah dan menghasilkan intrusi air asin ke dalam akuifer. Sebaliknya suatu peningkatan aliran air tawar mendorong interface ke arah laut. Laju gerakan interface dan respon tekanan akuifer tergantung kondisi batas dan sifat akuifer Intrusi Air Asinpada kedua sisi interface.

Akibat penggunaan air tanah yang berlebihan sementara imbuhan air hujan terbatas menyebabkan interface menjadi naik ke atas. Keadaan ini kita kenal dengan sebutan up conning (lihat gambar di atas). Sehingga air yang dikonsumsi menjadi asin akibat pengaruh air laut. (www.theenviromentalist.com)

Pengolahan Air Intrusi (Air Payau) Menjadi Air Tawar

Disadari atau tidak, krisis air di Indonesia kian mengkhawatirkan. Sebuah ironi, negara yang dikaruniai berlimpah-ruahnya air justru malah memiliki kualitas air yang kian terpuruk. Dalam kondisi semacam ini, teknologi pengolahan air bisa menjadi salah satu solusi pemecahan masalah. Salah satu teknologi pengolahan air yang sedang dikembangkan adalah pengolahan air laut menjadi air tawar. Hal ini ditempuh karena Indonesia adalah negara kepulauan yang mempunyai laut yang luas dan teknologi ini lebih murah daripada pengolahan air sungai.

Cara Pemurnian Air Laut

Pada dasarnya prinsip pemurnian air laut adalah memisahkan garam dari air laut sehingga diperoleh air tawar, proses ini kita kenal dengan sebutan desalinasi. Ada banyak cara untuk mengolah air asin menjadi air tawar,antara lain:

a. pPenyulingan

Reverse Osmosis
Percobaan pertama untuk memisahkan garam dan air laut adalah meniru cara alam, yaitu dengan menguapkan air laut kemudian mengembunkan uapnya kembali. Ketika air laut dipanaskan, hanya air yang menguap, garam-garam yang terlarut tetap tinggal dalam larutan (air laut). Dengan menggunakan alat suling bagian dalam wadah perebus air laut dilengkapi dengan pipa-pipa tegak untuk memperluas permukaan air yang dipanaskan. Dengan perluasan dapat diperoleh banyak uap dalam waktu relatif singkat.

b. Oosmosis Balik (Revefse Osmosis)


Osmosis balik atau reverse osmosis (RO), dilaksanakan dengan memberikan tekanan terhadap air laut, sehingga memaksa dari molekul-molekul air murni menembus suatu membran semipermeabel, sedangkan sisanya berupa garam larut, bahan-bahan organik, bakteri akan ditolak (rejeksi). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar diatas. Osmosis balik ini dioperasikan secara kontinyu. Kemurnian air yang dicapai hingga 99% dan tingkat produksi yang tinggi.
RO merupakan cara paling murah untuk menawarkan pemurnian air laut. Keuntungan metode ini adalah kemurnian air yang dihasilkan bagus, menghemar tempat,dan menghemat energi.

c. Eevaporator

Evaporator adalah sistem utama bagi pabrik untuk mengolah air laut menjadi air tawar. Ladang garam memproduksi garam melalui proses penguapan air laut. Sebaliknya, air bersih akan diproduksi, dengan menghilangkan garam dari air laut.
Evaporator untuk mengolah air laut dirancangan untuk mengumpulkan uap yang terjadi di dalam proses penguapan. Dengan cara:

Penguapan dengan multi guna : Air laut akan direbuskan untuk penguapan. Uap itu akan terkumpul maka menjadi air tawar. Teknologi itu biasanya digunakan untuk pabrik pengolah air laut sekala besar.

Cara tekanan peresapan (osmosis) dengan arah balik: Cara untuk mengurangi dan menghapus rasa asin air laut. Teknologi ini digunakan untuk pabrik pengolah air laut sekala menengah dan kecil.

Dari uraian penulis diatas, sebaiknya hal ini dapat dijadikan pertimbangan pemerintah dalam pemecahan mengenai masalah intrusi air laut. Pemerintah hendaknya melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang cara pemurnian air payau menjadi air tawar.

7 komentar:

  1. gimana klau tradisional

    BalasHapus
  2. Kalau air sumur yang asin,bagaimana cara menghilangkan kadar garamnya yang paling efisien? Apakah bisa diatasi hanya dengan lapisan arang, penambahan zat tertentu misalnya tawas, atau cara yang bagaimana pak? Terimakasih sebelum nya

    BalasHapus
  3. Sy bor air di dataran tinggi, dari laut 40 km, tapi airnya asin, mhn petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedalaman 82 meter.
      Gimana cara menghilangkan asinnya..

      Hapus
  4. Sy bor air di dataran tinggi, dari laut 40 km, tapi airnya asin, mhn petunjuk

    BalasHapus
  5. Untuk yg membutuhkan air bersih dan pemurnian air hubungi saya 085747893333

    BalasHapus
  6. Terima kasih, artikelnya sangat membantu

    BalasHapus